Manfaat Olahraga Sepeda

Youstay Semarang – Sepeda | Olahraga | Kesehatan

 

Bersepeda bisa membantu melindungi tubuh dari berbagai penyakit serius seperti obesitas, penyakit jantung kanker, diabetes hingga penyakit jiwa. Bersepeda adalah salah satu olahraga yang di gemari di negara barat.

Bersepeda dnegan menaiki sepeda ini adalah olahraga yang ringan yang dapat dilakukan hampir semua orang. 

Bersepeda sudah menjadi budaya masyarakat yang memilih transportasi sepeda untuk berpergian ata berangkat kerja. Secara statistik bersepeda menunjukan turunnya masa lemat hampir sama dengan berolahraga di gym dengan intensitas tinggi.

Berhati hati dalam menggunakan sepeda di jalan karena sepeda tidak memiliki jalur yang aman di lalu lintas.
 Olahraga sepeda merupakan sarana transportasi yang ramah lingkungan karena tidak menyebabkan polusi, Menjadikan tubuh anda menjadi sehat.
Berikut manfaat bersepeda bagi kesehatan tubuh :

sepeda

MENGONTROL BERAT BADAN
Cara untuk mengkontrol berat badan salahsatunya dengan olahraga sepeda.  Ber sepeda membuat semua bagian tubuh kita bergerak cara ini membantu mengontrol berat badan . Alasannya ber sepeda bisa membakar lemak tubuh, membantu otot dan menaikkan metabolisme tubuh.

Bukan hanya olahraga sepeda saja berat badan bisa terjaga namun harus di imbangi dengan mererapkan pola makan yang sehat. Banyak tidaknya kalori yang terbakar ketika sedang ber sepeda bergantung dari berala lama, berapa jauh, dan berapa cepat Anda melakukan bersepeda.

MENINGKATKAN KESEHATAN OTAK
Otak adalah salah satu bagian terpenting organ tubuh yang wajib kita jaga, karena kerja otak sangat mepengaruhi dalam kehidupan kita sehari hari.

Olahraga Sepeda secara rutin bisa meningkatkan kesehatan otak kita, Sangat besar juga manfaat olahraga sepeda untuk otak, yaitu meminimalisir penurunan fungsi kognitif ( daya pikir ) dan risiko demensia ini

Dikarenakan adanya peningkatan aliran darah menuju ke otak mempengaruhi oksigen dan nutrisi yang diterima oleh otak. Lakukan olahraga sepeda 45 – 60 menit setiap hari agar manfaat ini dapat dirasakan

MENINGKATKAN KESEIMBANGAN KEKUATAN DAN KOORDINASI OTOT TUBUH
Manfaat bersepeda dapat mencegapatah tulang akibat jatuh atau terbentur. sepeda olahraga yang cock untuk pengidap osteoporosis karena bersepeda merupakan golonga olahraga yang ringan memberikan sedikit tekanan pada bagian sendi sehingga dapat memperbaiki nyeri lutut pada lansia. 

Sebuah studi juga menemukan bahwa bersepeda, kondisi pasien lansia dengan nyeri lutut dan osteoartritis menjadi lebih baik.

MUNGURANGI RISIKO KANGKER DAN DIABETES
Pola makan yang sehat dan melakukan olahraga dengan rutin salah satu cara agar memiliki tubuh yang bugar, sehingga meminimalisir timbulnya penyakit kanker dan diabetes. Olahraga Sepeda dengan rutin minimal 30 menit pe hari ini bisa menjadika  cara.

Karena orang yang memiliki tubuh bugar, bahkan di usia tua, berisiko lebih rendah untuk terkena kanker paru dan kanker kolorektal. bahkan manfaat beresepda secara teratur dapat mengurangi risiko kanker usus dan payudara ini diterbitkan dari sebuah studi Journal of American Medical association.

Banyaklah beraktivitas agar terhindar dari berbagai macam penyakit salah satunya dengan olahraga sepeda

sepeda

MENURUNKAN STRES
Ketika anda mengalami stres itu berkurangnya hormin yang dapat memicu tubuh kamu menjadi stres. Banyaknya aktifitas slaah satunya dengan olahraga sepeda ini tubuh anda sedang memproduksi hormon dopamin yaitu hormin kebahagiaan yang membuat tingkat stres kamu menjadi menurun. 

Share on facebook
Share on twitter

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo. 

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn