5 Penyebab Sakit Punggung saat Bangun Tidur dan Cara Mengatasinya

5 Penyebab Sakit Punggung saat Bangun Tidur dan Cara Mengatasinya

Kamu pernah merasakan sakit punggung ketika bangun tidur? sakit punggung ini tidak hanya dirasakan orang tua saja bahkan anak muda pun juga mengalaminya.  Nyeri yang dirasakan kadang berlanjut sehingga menggangu aktivitasmu. Hal seperti ini harus segera diatasi sebelum kamu tau langkah-langkah untuk mengatasinya, kenali dulu penyebabnya. Simak ulasannya dibawah ini.

1. Posisi tidur yang salah

Bangun tidur seharusnya badan terasa segar dan siap menjalani aktivitas, namun malah sakit punggung, leher atau pinggang ? Bisa jadi ini kamu salah posisi saat tidur, jika kamu sudah terbiasa dengan posisi tidurmu ini sebaiknya diubah, tentu butuh waktu untuk menyesuaikannya. Berikut langkah-langkah yang bisa kamu terapkan :
– Posisi tidur terlentang, kamu bisa gunakan bantal dan letakkan di bawah lutut untuk menyelaraskan tulang belakang dan mengurangi nyeri punggung.
– Posisi tidur menyanmping ke janan atau ke kiri, kamu bisa letakkan bantal di antara kaki untuk menyelaraskan pinggul dan tulang belakang.
– Posisi tidur  tengkurap, kamu bisa menaruh bantal di perut bagian bawah untuk mengurangi pembungkukan punggung bagian bawah.

2. Kasur tidak sesuai dengan tubuh

Posis tidur sudah benar tapi kamu masih merasakan sakit nyeri punggung saat bangun tidur ? Kemungkinan Kasurmu yang jadi masalah. 
Kamu dianjurkan untuk mengganti kasur setidaknya satu dekade sekali atau kurang dari itu. Tanda kasurmu harus diganti jika kamu menemukan lekukan di titik tidurmu, atau merasa tidak nyaman tidur diatasnya. 
Perhatikan saat memilih kasur, seperti ukuran dan keempukannya.

3. Salah posisi saat bangun tidur

punggung

Kasur sudah pas, posisi tidur sudah benar, tapi masih juga sakit punggung saat bangun tidur ? yang menjadi penyebabnya bia jadi cara atau posisi bangun kamu yang salah. Kamu bisa ikuti tips cara bangun tidur agar punggungmu tidak sakit lagi :
– Bergerak secara perlahan ke tepi tempat tidur
– Dengan menggunakan lengan untuk pengungkit, dusuklah dengan kaki menjuntai dari sisi tempat tidur.
– Setelah beberapa detik beradaptasi dengan posisi kedua, perlahan-lahan letakkan kaki dilantai dan berdirilah seperti biasa.

4. Sebelum tidur kamu melakukan olahraga terlalu keras

olahraga

Olahraga selain untuk membentuk tubuh dan menjaga berat badan agar tetap ideal, olahraga juga  dapat membantu mencegah nyeri punggung. Namun jika olahraga pada malam hari dengan intensitas yang berat, itulah yang bisa menjadi penyebab nyeri punggung saat terbangun pada pagi hari.
Melakukan pemanasan dan pendinginan yang benar dapat membantu mengurangi risiko nyeri punggungdan otot kaku keesokan harinya.
Kamu bisa mencoba mengatasinya dengan kompres hangat maupun dingin ke area yang terasa nyeri. Bila rasa sakit yang taktertahankan kamu bisa juga mengonsumsi obat pereda nyeri, sebaiknya konsumsi obat ini harus dibawah pengawasan doketr.

5. Sedang Hamil

pregnant

Kehamilan membuat berbagai hal yang berubah pada tubuh, perubahan ini banyak menyebabkan keluhan salah satunya adalah sakit punggung. 
Kehamilan bisa menyebabkan ketegangan pada otot punggung bagian bawah. Rasa nyeri yang tibul bisa dirasakan ketika mengangkat beban yang berat, ketika membungkukan badan, atau bangun dari tempat tidur.
Hal yang bisa kamu lakukan saat kamu merasakan hal yang tidak nyaman ini, cobalah untuk melakukan peregangan dan menggunakan kaki sebagai tumpuan untuk berdiri. Hindari bertumpu pada punggung, bisa juga lakukan kopres dingin pada punggung.

Diatas tadi adalah penyebab-penyebab nyeri punggung saat bangun tidur dan cara mengatasinya. Agar kamu bisa menjalani hari dengan penuh semangat, lakukan olahraga secara teratur dan terapkan pola makan sehat bergizi seimbang. 

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn