9 Olahan Beras Ketan Khas Thailand, Dijamin bikin laper

Olahan Ketan Khas Thailand

Ketan merupakan sejenis beras yang cukup umum dikonsumsi, Untuk kawasan Asia Tenggara memang ketan termasuk jenis makanan yang populer untuk disanta. Tak hanya Indonesia yang memiliki banyak menu berbahan ketan, melainkan juga Thailand. Tentunya setiap menu berbahan ketan ini dapat sekaligus menjadi representasi dari kuliner asal negara Gajah Putih ini.

Untuk kamu yang penasaran apa saja kreasi olahan khas Thailand yang menggunakan ketan sebagai bahannya, berikut daftarnya.

1. Khao niaow tu-rean

thailand

Khoa niaow tu-rean adalah menu ketan yang dipadukan dengan durian utuh, Sudah dapat terbayangkan sensasi lezat khas durian pada menu ini.

2. Sticky rice and jackfruit

thailand

Sticky rice and jackfruit ini termsuk ke dalam menu dessert populer di Thailand. Uniknya lagi, beras ketan diletakan pada bagian dalam nangka.

3. Sticky rice with corn and coconut milk

Sticky rice with corn and coocnut milk juga merupakan menu andalan Thailand untuk jenis dessert segar. Perpaduan antara jagung, beras ketan, dan santan memang menjadi kombinasi menarik.

4. Sweet sticky rice and coconut ice cream

thailand

Sweet sticky rice and coconut ice cream adalah kombinasi menarik untuk kamu yang menggemari dessert segar. Cita rasanya manis dan gurih bakal menggugah selera!

5. Sung ka-ya

thailand

Olahan bernama sung ka-ya ini sebenarnya merupakan custrad khas Thailand, namun disajikan dengan nasi ketan.

6. Black sticky rice pudding with caramelized coconut

thailand

Menu ini dapat terbilang cukup berbeda dengan tampilan beras ketan berwarna hitam yang dipadukan dengan kelapa yang telah digoreng hitam mirip karamel kelapa.

7. Steamed sticky rice with banana

thailand

Steamed sticky rice with banana merupakan pilihan menu berbahan beras ketan yang dipadukan dengan pisang di dalamnya.

8. Sticky rice crispy cake

thailand

Sticky rice crispy cake mungkin menjadi menu yang berbeda dibandingkan olahan lainnya. Menu berbahan nasi ketan ini diolah dengan cara dikeringkan layaknya kerupuk renyah.

9. Khao niao mamuang​

Ini dia menu berbahan beras ketan yang ketan paling populer dari Thailand. Perpaduan nasi ketan dengan potongan mangga dan siraman saus gurih menjadi kombinasi menarik. Apalagi kalau bukan mango sticky rice yang hitz itu, bahkan menu ini sangat populer juga di Indonesia. 

Aneka olahan beras ketan di atas bisa jadi referensi kamu untuk memilih menu khas Thailand.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn