7 makanan paling bernutrisi untuk tubuhmu

Youstay Semarang| makanan paling bernutrisi | kesehatan | makanan sehat | makanan bergizi

 

salmon

Oleight – Makanan dapat membantu manusia dalam mendapatkan energi, membantu pertumbuhan badan dan otak. Memakan makanan yang bergizi akan membantu pertumbuhan manusia, baik otak maupun badan. Setiap makanan mempunyai kandungan gizi yang berbeda. Protein, karbohidrat, dan lemak adalah salah satu contoh gizi yang akan didapatkan dari makanan.

Setiap jenis gizi mempunyai fungsi yang berbeda. Karbohidrat merupakan sumber tenaga sehari-hari. Salah satu contoh makanan yang mengandung karbohidrat adalah nasi. Protein digunakan oleh tubuh untuk membantu pertumbuhan, baik otak maupun tubuh. Lemak digunakan oleh tubuh sebagai cadangan makanan dan sebagai cadangan energi. Lemak akan digunakan saat tubuh kekurangan karbohidrat, dan lemak akan memecah menjadi glukosa yang sangat berguna bagi tubuh saat membutuhkan energi. Untuk memaksimalkan jumlah nutrisi yang Anda konsumsi, ada baiknya kita memilih makanan terbaik untuk tubuh kita. 

Berikut adalah 7 makanan paling bernutrisi untuk kamu semua :

salmon

1. Salmon
Tidak semua ikan diciptakan sama. Salmon, dan jenis ikan berlemak lainnya, mengandung Omega-3 dalam jumlah tertinggi. Asam lemak omega-3 sangat penting untuk fungsi optimal tubuh Anda. Mereka dikaitkan dengan peningkatan kesejahteraan dan risiko lebih rendah dari banyak penyakit serius. Oleh karena itu Salmon dapat dikatakan makanan paling bernutrisi.

Sepotong 100 gram salmon liar (tidak dibudidayakan) mengandung 2,8 gram Omega-3, bersama dengan banyak protein hewani berkualitas tinggi dan banyak vitamin dan mineral. Salmon termasuk hewan yang besar Magnesium, Kalium, Selenium dan semua vitamin B. Sebaiknya makan ikan berlemak setidaknya sekali atau dua kali seminggu, untuk mendapatkan semua Omega-3 yang sangat dibutuhkan tubuh (dan otak) Anda.

Studi menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi ikan berlemak secara teratur memiliki risiko yang lebih rendah penyakit jantung, demensia, depresi, dan sejumlah besar penyakit umum. Selain itu, jangan lupakan fakta bahwa salmon rasanya enak dan cukup mudah disiapkan. Ini juga cenderung membuat Anda merasa kenyang dengan kalori yang relatif sedikit.

Jika bisa, pilih salmon liar daripada salmon yang dibudidayakan. Salmon liar Ini lebih bergizi, memiliki rasio Omega-6: Omega-3 yang lebih baik dan cenderung tidak mengandung senyawa berbahaya.

kale

2. Kale
Makanan paling bernutrisi lainnya adalah Kale. Sayuran yang memiliki nama ilmiah Brassica oleracea adalah rajanya sayuran berdaun hijau yang super sehat. Kale sarat dengan vitamin, mineral, serat, antioksidan dan berbagai senyawa bioaktif.

Satu porsi 100 gram kale mengandung :

200% dari RDA untuk Vitamin C.
300% dari RDA untuk Vitamin A (dari beta-karoten).
1000% dari RDA untuk Vitamin K1.
Vitamin B6, Kalium, Kalsium, Magnesium, Tembaga dan Mangan dalam jumlah besar.
Itu datang dengan 2 gram serat, 3 gram protein dan hanya 50 kalori. Kale mungkin lebih sehat daripada bayam. Keduanya sangat bergizi, tetapi kale lebih rendah oksalat, yang merupakan zat yang dapat mengikat mineral seperti kalsium di usus, mencegahnya diserap.

Kale (dan sayuran berdaun hijau lainnya) juga mengandung berbagai senyawa bioaktif, termasuk Isothiocyanate dan Indole-3-Carbinol, yang telah terbukti melawan kanker dan baik untuk kesehatan.

rumput laut

3. Rumput Laut
Rumput laut rendah kalori dan serat, tetapi mengandung beragam nutrisi, seperti karbohidrat, protein, serat, vitamin dan mineral termasuk magnesium, mangan, yodium, kalium, sodium, kalsium, folat, zat besi, dan tembaga, dalam jumlah yang cukup tinggi. Rumput laut juga mengandung vitamin A, C, E, K, fosfor, dan kolin meski dalam jumlah sedikit. Selain itu, rumput laut juga kaya akan antioksidan  dengan aktivitas anti-inflamasi yang kuat.

Dalam banyak kasus, rumput laut lebih bergizi daripada sayuran berbasis lahan. Rumput laut  juga sarat dengan berbagai senyawa bioaktif, termasuk phycocyanin dan karotenoid. 

Tapi yang membuat rumput laut menjadi makanan paling bernutrisi adalah kandungan yodiumnya yang tinggi, mineral yang digunakan untuk membuat hormon tiroid. Hanya makan rumput laut yodium tinggi seperti rumput laut beberapa kali per bulan dapat memberi tubuh Anda semua yodium yang dibutuhkannya.

bawang putih

4. Bawang Putih

Makanan sehat lainnya adalah Bawang putih. Tumbuhan yang memiliki nama latin Allium sativum benar-benar bahan yang luar biasa. Tidak hanya bisa mengubah semua jenis hidangan hambar menjadi suguhan lezat, ini juga sangat bergizi.

Bawang putih tinggi vitamin C, B1 dan B6, Kalsium, Kalium, Tembaga, Mangan dan Selenium (16). Tetapi bawang putih juga mengandung nutrisi penting lainnya yang disebut Allicin, yang merupakan bahan aktif dalam bawang putih.

Ada banyak penelitian tentang manfaat kesehatan dari allicin dan bawang putih. Telah terbukti menurunkan tekanan darah dan kolesterol total dan LDL, serta meningkatkan HDL yang seharusnya mengarah pada penurunan risiko penyakit jantung di masa depan.

Bawang putih juga memiliki berbagai sifat melawan kanker. Studi menunjukkan bahwa orang yang makan banyak bawang putih memiliki risiko yang jauh lebih rendah terkena beberapa jenis kanker umum, terutama kanker usus besar dan perut. Bawang putih juga sangat efektif dalam membunuh patogen seperti bakteri dan jamur. Sehingga tidak salah jika bawang putih menjadi makanan paling bernutrisi.

kerang

5. Kerang

Dari semua organisme yang sangat bergizi yang ditemukan di laut, kerang mungkin adalah makanan yang paling bernutrisi. Jenis kerang yang biasa dikonsumsi antara lain kerang, tiram dan berbagai lainnya.

Kerang adalah salah satu sumber vitamin B12 terbaik yang ada, dengan 100 gram kerang memasok lebih dari 16 kali AKG! Itu juga sarat dengan nutrisi lain, termasuk Vitamin C, Vitamin B, Kalium, Selenium dan Besi.

Tiram juga sangat bergizi dengan 100 gram memasok 6 kali RDA untuk Seng, 2 kali RDA untuk Tembaga, bersama dengan sejumlah besar B12 dan Vitamin D – bersama dengan sejumlah besar nutrisi lainnya. Sungguh, kerang adalah salah satu makanan paling bergizi yang ada.

Mereka juga dapat dianggap sebagai makanan yang luar biasa bagi orang-orang yang ingin sedekat mungkin dengan vegetarian / vegan, sekaligus mendapatkan sebagian besar manfaat dari mengonsumsi makanan hewani.

kentang

6. Kentang

Jika ada satu makanan tinggi karbohidrat yang saya lewatkan dalam diet rendah karbohidrat saya, itu adalah kentang. Satu kentang besar mengandung banyak Kalium, Magnesium, Besi, Tembaga dan Mangan dengan banyak vitamin C dan sebagian besar vitamin B. Kentang benar-benar salah satu makanan paling sempurna di dunia.

Mereka mengandung sedikit dari hampir semua nutrisi yang kita butuhkan dan ada catatan orang yang hidup hanya dengan kentang untuk waktu yang lama. Mereka juga salah satu makanan paling memuaskan yang ada. Ketika para peneliti membandingkan “nilai kenyang” dari makanan yang berbeda, kentang rebus memiliki skor lebih tinggi daripada makanan lain yang mereka ukur.

Jika Anda memasak kentang dan kemudian membiarkannya dingin setelahnya, kentang juga membentuk pati resisten dalam jumlah besar, zat seperti serat dengan banyak manfaat kesehatan yang kuat.

hati sapi

7. Hati Sapi

Tidak banyak makanan yang pantas dijuluki “makanan super”. Namun hati adalah salah satunya. Hati adalah pembangkit tenaga nutrisi. Makanan ini  kaya protein, rendah kalori dan dikemas dengan vitamin dan mineral penting.

Orang sering melihat buah dan sayuran untuk mendapatkan vitamin dan mineral, tetapi hati jauh melampaui semuanya dalam hal kandungan nutrisi.

Berikut adalah nutrisi yang ditemukan dalam porsi 3,5 ons (100 gram) hati sapi :

  • Vitamin B12: 3.460% dari RDI. Vitamin B12 membantu pembentukan sel darah merah dan DNA. Itu juga terlibat dalam fungsi otak yang sehat.
  • Vitamin A: 860–1.100% dari RDI. Vitamin A penting untuk penglihatan normal, fungsi kekebalan dan reproduksi. Ini juga membantu organ seperti jantung dan ginjal berfungsi dengan baik.
  • Riboflavin (B2): 210–260% dari RDI. Riboflavin penting untuk perkembangan dan fungsi sel. Ini juga membantu mengubah makanan menjadi energi.
  • Folat (B9): 65% dari RDI. Folat merupakan nutrisi penting yang berperan dalam pertumbuhan sel dan pembentukan DNA.
  • Zat Besi: 80% dari RDI, atau 35% untuk wanita usia menstruasi. Zat besi adalah nutrisi penting lainnya yang membantu membawa oksigen ke seluruh tubuh. Zat besi di hati adalah zat besi heme, jenis yang paling mudah diserap tubuh.
  • Tembaga: 1.620% dari RDI. Tembaga bertindak seperti kunci untuk mengaktifkan sejumlah enzim, yang kemudian membantu mengatur produksi energi, metabolisme zat besi, dan fungsi otak.
  • Kolin: Hati menyediakan semua Asupan Adequate (AI). Kolin penting untuk perkembangan otak dan fungsi hati

 Jangan lupa makan makanan paling bernutrisi ya, terlebih lagi di masa pandemi seperti ini.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *