10 Makanan Khas Jawa Tengah

Youstay Semarang – Makanan Khas Jawa Tengah | Makanan Khas | Jawa Tengah 

Saat Youstay Reader berkunjung ke suatu daerah, entah untuk urusan pekerjaan atau hanya sekadar refreshing, mencoba makanan khas yang ada di daerah tersebut adalah hal wajib yang harus dilakukan.

Ya, setiap daerah di Indonesia pasti memiliki makanan khas yang begitu menggugah selera. Anda yang suka dengan wisata kuliner tentu akan sangat terhibur karenanya.

Diantara daerah yang memiliki cukup banyak pilihan makanan khas adalah Jawa Tengah. Salah satu provinsi terluas di Pulau Jawa ini menawarkan banyak sekali makanan khas yang lezat dan wajib dicoba. Nah, pada kesempatan ini kita akan membahas tentang ragam makanan khas Jawa Tengah untuk Anda coba!.

Maknan khas jawa tengah

1. Tahu Petis

Tahu petis adalah salah satu makanan khas Jawa Tengah yang juga cukup terkenal dan populer di berbagai kalangan masyarakat. Seperti namanya, makanan khas ini adalah paduan dari tahu dan petis. Biasanya, makanan ini dijadikan camilan nikmat untuk rapat atau sekadar menikmati waktu luang.

Nah, panganan ini dibuat dengan bahan dasar tahu pong. Setelah itu, tahu digoreng hingga cukup kering.

Kemudian, dalam penyajiannya, tahu akan disiram dengan saus petis yang berwarna hitam.

Selain disiram, beberapa penjual makanan khas Jawa Tengah ini menggunakan petis sebagai isian tahu. Sangat menarik, bukan?

Maknan khas jawa tengah

2 Mendoan

Pada dasarnya tempe mendoan ini hampir sama dengan tempe goreng lainnya yang dibaluri dengan tepung. Hanya saja yang membut beda antara tempe mendoan dengan tempe biasanya ialah terletak pada namanya yakni mendoan.

Mendoan merupakan sebuah makanan yang dimasak dengan menggunakan minyak panas yang cukup banyak dan juga cepat sehingga membuat tempenya tidak telalu matang.

Meskipun dalam proses pengorengannya tempe ini tidak terlalu matang, namun anda tidak perlu khawatir terkait rasanya.

Karena tempe mendoan ini mempunyai rasa yang sangat lezat dan enak, sehingga tidak heran jika makanan yang satu ini cukup populer dikalangan wisatawan lokal maupun asing.

Maknan khas jawa tengah

3 Telur Asin

Anda tentu sudah sangat familiar dengan makanan yang satu ini, bukan? Ya, telur asin memang cukup mudah ditemukan di berbagai daerah, bahkan di luar Jawa Tengah sekalipun.

Makanan ini umumnya dibuat dengan bahan dasar telur bebek yang sudah mengalami proses direndam larutan garam hingga rasanya berubah menjadi asin.

Namun, tahukah Anda jika sebenarnya telur asin adalah makanan khas Jawa Tengah? Nah, telur asin awalnya berasal dari daerah Brebes, Jawa Tengah.

Daerah ini menjadi sentra penghasil telur asin terbesar di Jawa Tengah. Tidak lengkap rasanya jika berkunjung ke Brebes tanpa membeli telur asin khas daerah tersebut.

Maknan khas jawa tengah

4 Nasi Gandul

Nasi gandul merupakan salah satu jenis makanan yang sering disebut dengan nasi uduk karena cara penyajiannya menggunakan daun pisang. Nasi gandul ini juga mempunyai rasa yang sangat gurih dan enak untuk disantap bersama saat sarapan.

Untuk pembuatan nasi gandul ini juga ditambahkan daun pandan sehingga membuat aroma nasi ini menjadi lebih kuat dan sangat menggungah selera.

Biasanya nasi gandul ini disajikan dengan tambahan lauk yang berupa daging sapi yang sudah diolah dengan sedemikian rupa sehingga dapat memberikan rasa yang sangat lezat dan nikmat.

Maknan khas jawa tengah

5 Brekecek

Brekecek merupakan salah satu makanan khas Jawa Tengah yang tidak boleh anda lewatkan apabila berkunjung ke Jawa Tengah. Brekecek terbuat dari bahan dasar ikan pathak ataupun ikan jahan. Selain itu, ada juga yang membuat brekecek dari kepala ikan laut yang bernama menthok maupun basur.

Brekecek ini sebenarnya terdiri dari dua suku kata yakni brek yang artinya diletakkan ataupun dijatuhkan dan kecek yang artinya dicampurkan ataupun dicekek dengan menggunakan bumbu.

Perlu anda ketahui, jika brekecek khas Jawa Barat ini sudah cukup populer dikalangan masyarakat lokal maupun wisatawan asing. Karena brekecek yang satu ini memiliki rasa yang sangat lezat dan jika dicicipi dapat membuat anda ketagihan.

Maknan khas jawa tengah

6 Garang Asem

Garang asem merupakan makanan hasil olahan dari ayam yang dimasak bersamaan dengan santan. Ayam yang dimasak ini terlebih dahulu dibungkung dengan menggunakan daun pisang setelahnya baru dimasak dengan santan.

Garang asem ini mempunyai rasa yang cukup pedas dan juga asam sehingga sangat lezat untuk dinikmati.

Perlu diketahui, biasanya garang asem ini disajikan dengan nasi dan juga dilengkapi dengan lauk lainnya seperti perkedel, tempe goreng ataupun ayam asam manis.

Maknan khas jawa tengah

7 Lumpia Semarang

Makanan khas Jawa Tengah dari Semarang ini cocok dimakan saat masih hangat, ditambah lagi dengan cabai. Isian dari lumpia khas Semarang adalah rebung (bambu muda). Resep Lumpia tiap daerahnya berbeda, ada yang isi telur, daging ayam, udang, ataupun sayuran. 
Maknan khas jawa tengah
8 Nasi Liwet

Nasi liwet merupakan sebuah makanan khas Jawa Tengah yang sangat populer dikalangan wisatawan asing dan lokal. Nasi liwet ini biasanya disajikan dengan menggunakan potongan ayam dan terkadang juga digunakan labu siam.

Sebenarnya memasak nasi liwet ini hampir sama dengan nasi uduk pada umumnya yakni dengan menggunakan santan. Hanya jasa yang membuatnya beda terletak pada rasanya, karena rasa dari nasi liwet ini dijamin sangat lezat dan juga enak.

Maknan khas jawa tengah

9 Getuk Goreng

Sebagaimana dibahas di awal bahwa getuk adalah salah satu makanan khas Jawa Tengah yang begitu terkenal dan menjadi legenda. Namun, pernahkah Anda mendengar tentang getuk goreng? Ya, getuk memang pada dasarnya disajikan dengan cara di kukus.

Namun, getuk dari Banyumas ini memiliki cara yang unik.

Getuk yang dibuat dari singkong dan campuran gula ini akan digoreng untuk disajikan. Ada kesan kering dari makanan ini.

Namun, saat dinikmati, salah satu makanan khas Jawa Tengah akan terasa begitu gurih dan manis. Anda pasti akan menyukainya!

Maknan khas jawa tengah

10 Intip

Intip adalah makanan khas yang berasal dari Solo. Panganan ini sebenarnya merupakan kerak nasi. Ya, kerak nasi tersebut dikeringkan, diberi bumbu lantas digoreng.

Salah satu makanan khas ini menjadi camilan rakyat yang murah meriah dan cukup mudah didapatkan di banyak lokasi di Jawa Tengah.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn