5 Negara Mengalami Krisis Air Di Dunia

Youstay Semarang – Air | Kekeringan| Negara Kekurangan Air 

Air adalah komoditas penting dan diklaim sebagai unsur terpenting bagi manusia. Air sangat dibutuhkan manusia dalam kegiatannya sehari-hari, baik untuk minum, mandi, maupun mencuci.

Namun, air bersih kini makin sulit didapatkan. Banyak negara yang alami krisis air bersih, penyebabnya adalah kemarau yang berkepanjangan, hingga minimnya mata air di negara tersebut.

Dari sekian banyak negara yang alami krisis air bersih, lima di antaranya paling parah. Berikut lima negara di dunia dengan tingkat krisis air bersih paling buruk di dunia.

air

1. Libya

Kondisi politik yang tak stabil, membuat rakyat Libya menjadi sangat bergejolak. Selain itu, Libya juga termasuk salah satu negara dengan krisis air bersih yang terparah di dunia saat ini.

Negara yang dikenal tandus ini memiliki cukup sedikit sumber air dan juga sangat sulit diakses masyarakat. Pergantian rezim yang bertindak semaunya dan memutus akses air bersih, salah satunya di ibu kota Tripoli membuat negara ini makin tertekan. Tak hanya air bersih, Libya juga dihadapkan krisis bahan bakar dan juga makanan.

air

2.Sahara Barat

Negara ini selalu dikaitkan dengan identitas gurun yang melekat di nama negara ini. Benar saja, mayoritas daratan di Sahara Barat adalah gurun yang tandus dan tak terlihat air disekelilingnya.

Sahara Barat juga merupakan salah satu rumah bagi para pengungsi. Di negara ini, pengungsi banyak berasal dari negara-negara Afrika yang berada di sekitar Sahara Barat. Karena kondisi yang darurat tersebut, membuat pasokan air di negara ini tak terkontrol dan habis secara perlahan.

air

3.Djibouti

Meski digadang-gadang sebagai pesaing Dubai di masa depan, namun tetap saja negara ini masih belum bisa terlepas dari masalah krisis air bersih yang sudah melanda Djibouti sejak lama.

Djibouti sudah sejak lama menjadi salah satu target bantuan kemanusiaan yang dicanangkan UNICEF dan UNHCR. Negara ini dilanda kekeringan hampir setiap tahun. Hal tersebut memaksa dunia memberi bantuan air bersih bagi Djobouti. Iklim yang panas serta infrastruktur yang kurang baik, memaksa banyak orang di negara ini harus meninggal dalam kondisi seperti ini.

air

4.Yaman

Yaman merupakan negara yang benar-benar dalam keadaan terancam. Sudah beberapa lama ini Yaman terus jadi sasaran konflik dan sarang para teroris yang bergerak di benua Afrika.

Negara ini semakin tertekan karena kurangnya pasokan makanan dan juga air bersih. Banyak warga yang harus keluar dari Yaman dan bergantung pada negara lain demi mendapatkan pasokan air bersih. Perjuangan yang berat bagi para rakyat yang tinggal di negara konflik seperti Yaman.

air

5.Yordania

Yordania harus rela berada di timur tengah yang gersang dan juga terpecah secara politik. Negara ini terpaksa mengandalkan pasokan air dari daerahnya sendiri, Laut Mati dan Sungai Yordan.

Peningkatan desertifikasi di negara ini dan juga populasi manusia yang makin meningkat, membuat persediaan air di negara ini kian menipis. Terlebih air laut dan juga sungai yang tak menentu, membuat Yordania harus kuat menghadapai kondisi negaranya.

Itu dia kelima negara dengan krisis air bersih di dunia. Sebagai manusia, kita harus bijak dalam menggunakan air, dan juga menjaga persediaannya selagi ada.

Air

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn