Mengenal Sejarah Arpil Mop, Ini Asal Usulnya

Youstay – 1 April – April Mop – Sejarah

April Mop atau April Fools’ Day merupakan hari lelucon sedunia yang jatuh tepat pada hari ini. Tradisi ini mengizinkan seseorang untuk berbohong atau memberi lelucon pada orang lain. Intinya, tradisi ini bertujuan menciptakan humor.

Namun tahukah kamu, hingga saat ini asal usul April Mop masih belum diketahui. Dikutip dari Metro, tidak ada yang tahu pasti akan sejarah hari humor tersebut. Akan tetapi, terdapat beberapa teori yang mendasarinya.

April Mop

Menurut sejarawan dalam History, April Mop diduga muncul pada tahun 1582 di mana Prancis mengubah kalender Julian menjadi Kalender Gregorian. Beberapa orang terlambat menyadari perubahan tersebut.

Mereka juga tidak menyadari bahwa tahun baru sudah dipindahkan dari 1 April menjadi 1 Januari. Alhasil, mereka yang tertipu merayakan tahun baru di akhir Maret hingga 1 April. Hal itu akhirnya menjadi lelucon dan awal dari April Mop.

April Mop

Tak hanya lelucon perorangan, media juga ikut meramaikan April Mop. Tahun 1957, salah satu program BBC, Panorama, memberikan tipuan kepada masyarakat.

Acara tersebut memperkenalkan sebuah keluarga di Swiss yang sedang memungut hasil panen dari pohon spaghetti. Saat itu, makanan tersebut masih belum dikenal di Inggris. Alhasil, sejumlah penonton menghubungi BBC dan meminta saran untuk menanam pohon spaghetti.

Lelucon yang menghabiskan 100 pounds ini dinilai sebagai hoaks terbesar yang pernah dilakukan media. Kejadian tersebut memicu kemarahan banyak penonton hingga mengirimkan sejumlah surat untuk meluapkan kemarahan mereka.

Meski berhasil menipu penonton, lelucon itu dianggap tidak sah dalam April Mop. Sebab, dikutip dari Daily Jstor, lelucon April Mop dianggap sukses bila korban ikut tertawa. Jika tidak tertawa, April Mop akan dianggap gagal.

Jadi April Mop tahun ini Youstay Reader sudah ada target teman keluarga atau pasangan yang ingin dijadikan korban ? Sepertiya menarik ya. 

April Mop

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn