8 Jenis Makanan Mengenyangkan Baik Dikonsumsi Saat Sahur

Youstay Semarang – Menu Sahur Mengenyangkan | Makanan Kuat Puasa | Menu Sehat Untuk Sahur

Bulan Ramadhan untuk Youstay Reader yang menjalankan ibadah puasa sebagai umat Islam yang mampu, wajib melaksanakan ibadah puasa selama sebulan penuh. Dalam berpuasa ada dua hal yang tidak boleh dilewatkan oleh kaum muslimin, yaitu waktu berbuka dan sahur.

Menyegerakan berbuka puasa juga dianjurkan dalam hadits, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: Senantiasa manusia di dalam kebaikan selama menyegerakan berbuka.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Namun, dalam berbuka dan sahur juga tidak boleh asal-asalan. Khususnya untuk sahur, tubuh kita membutuhkan makanan yang mengandung banyak nutrisi seperti protein, mineral, dan vitamin yang cukup.

Hal ini untuk menjaga agar tubuh tetap bugar, tidak mudah lelah, dan berenergi sampai waktu berbuka. Berikut beberapa jenis makanan yang cocok sebagai menu sahur anda.

makanan mengenyangkan saat sahur

Kurma dan Air Hangat

Jenis makanan yang pertama adalah kurma. Kurma memiliki rasa manis yang berasal dari tiga jenis gula, yaitu glukosa, fruktosa, dan sukrosa. Tiga jenis gula tersebut dinilai baik untuk tubuh.

Setiap jenis gula memiliki peran masing-masing dalam tubuh kita. Seperti glukosa yang bagus untuk meningkatkan kadar gula dalam darah. Sedangkan fruktosa dan sukrosa bagus untuk menstabilkan kadar gula yang berlebihan.

Kurma cocok disantap sebagai makanan pembuka atau makanan utama saat sahur. Untuk menetralisir rasa manisnya, Anda bisa meminum air hangat setelahnya.

Kurma sendiri juga merupakan makanan yang dianjurkan oleh Rasulullah untuk sahur.
Rasulullah SAW bersabda: Sebaik-baik sahurnya orang mukmin adalah kurma. (HR. Abu Daud).

Biji-bijian

Jenis makanan kedua adalah biji-bijian. Biji-bijian seperti kacang almond, kacang polong, dan kacang kedelai dinilai sangat bagus dijadikan menu sahur, apalagi ketiga biji-bijian ini sangat mudah diolah.

Kacang kedelai misalnya yang bisa dijadikan sebagai minuman untuk sahur. Meski hanya mengonsumsi biji-bijian saja, namun kandungan protein, mineral, vitamin, dan lemak baiknya sudah cukup mengenyangkan.

Telur

Jenis makanan yang ketiga adalah telur. Telur memiliki kandungan protein, nutrisi, dan vitamin yang tinggi, dan tentu sangat bagus untuk kesehatan. Selain menyehatkan, telur juga dapat diolah menjadi berbagai macam masakan dan pastinya lezat dimakan.

Meski telur baik untuk kesehatan, tapi anda juga harus memperhatikan jumlah telur yang anda konsumsi. Sebab mengonsumsi telur dalam terlalu banyak dapat menyebabkan risiko darah tinggi. Setelah makan telur, sebaiknya netralisir dengan minum air putih yang banyak.

makanan mengenyangkan saat sahur

Susu Segar

Jenis makanan yang keempat adalah susu. Minum segelas susu saat sahur sangat disarankan agar tubuh tetap kuat hingga tengah hari nanti.

Selain susu sapi, anda juga bisa menjadikan susu kambing dan susu kedelai sebagai pilihan. Segelas susu mengandung 300 miligram kalsium. Dengan meminumnya secara rutin, anda sudah memenuhi kebutuhan kalsium dalam tubuh anda.

Sayur dan Buah

Selama menjalankan ibadah puasa, kadar air di dalam tubuh kita akan berkurang drastis.

Untuk mengembalikan kadar air dalam tubuh, dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung banyak air seperti apel, semangka, stroberi, bayam, buah naga, brokoli, dan tomat.

Selain mengandung air, jenis makanan seperti sayur, dan buah juga kaya akan mineral, serat, dan antioksidan. Nutrisi-nutrisi ini akan membantu anda untuk memperlambat proses penuaan dini dan mencegah sel-sel jahat yang masuk ke dalam tubuh selama puasa.

Makanan yang Direbus

Cita rasa makanan yang digoreng memang enak, tapi efeknya untuk kesehatan tidak sebanding dengan rasanya. Hal ini karena gorengan dapat memicu terjadinya kolesterol.

Sebaiknya ubah pola makan anda dengan memasak makanan dengan cara direbus. Cita rasa makanannya memang akan berbeda.

Namun, jika anda bisa secara rutin mengonsumsinya, maka rasanya akan lezat dengan sendirinya. Dengan memilih jenis makanan yang tepat, anda akan mendapatkan menu favorit yang baru.

Jahe Hangat

Jahe merupakan rempah-rempah asli Indonesia yang bisa anda temui dengan mudah. Harganya pun murah. Selain sebagai bumbu masakan, jahe juga bisa diolah menjadi minuman sehat yang berguna untuk menghangatkan tubuh.

Jahe memiliki kandungan gingerol dan shogaol yang berfungsi untuk meningkatkan suhu tubuh. Jadi meskipun anda sedang beraktivitas di ruangan berAC, atau terkena terpaan angin, tubuh anda akan sulit masuk angin karena sudah minum jahe hangat.

Perasan Jeruk Lemon

Jenis makanan yang terakhir adalah perasan jeruk lemon. Perasan jeruk lemon ini bisa anda minum setelah bangun tidur.

Hal ini bertujuan untuk melancarkan pencernaan sehingga racun dan sisa-sisa makanan tidak mengendap dalam tubuh. Jeruk lemon sendiri juga kaya akan vitamin C.

Jika anda tidak tahan dengan rasa asamnya, anda bisa menghilangkannya dengan mencampurkan madu dan kayu manis, lalu seduh saat sahur. Dengan meminum air lemon, badan pun akan terasa segar.

Dari 8 jenis makanan di atas bisa Youstay Reader coba untuk menu sahur saat bepuasa. Selamat berpuasa.

Makanan mengenyangkan saat sahur

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn