15 Tips Traveling Penting, Sebelum Kamu Memutuskan Pergi

Youstay – Tips Traveling | Tips Traveling Backpacker | Traveling low budget

 

Menurut Youstay Reader Perjalanan yang luar biasanya itu seperti apa sih ?. Perjalanan yang sebelumnya dipersiapkan dengan matang. Traveling yang sering kita sebut juga backpacker, main ke suatu destinasi, adalah suatu aktifitas yang sangat menyenangkan bagi sebagian orang.

Tentu selain menyenangkan, traveling memiliki banyak manfaat yaitu, menambah wawasan, menambah teman, dan tentu membuat pikiran menjadi lebih fresh. Bagi orang yang pernah traveling, mungkin mereka sudah tidak bingung dengan apa apa saja yang harus dipersiapkan sebelum traveling, namun bagi kamu yang baru ingin memulai, pasti ada kebingungan, apalagi jika kamu akan traveling sendirian.

Nah Youstay ingin berbagi tips traveling ke kamu agar, perjalanan yang akan dilakukan lebih terarah dan menyenangkan. Banyak dari pemula yang baru memulai traveling, kegiatan traveling menjadi tidak menyenangkan, tidak memberikan dampak positif bagi tubuh malah membuat capek. Ini karena kurangnya persiapan, dan banyak problem di perjalanan. Berikut ini 15 Tips Penting Sebelum Kamu Memutuskan Traveling:

tips traveling

Pilih Kota Tujuan / Destinasi Wisata

Coba kamu cari rekomendasi wisata terbaik yang sudah banyak orang bagikan, bisa dari instagram, facebook atau media sosial youtube.

Siapkan Syarat yang Harus Dibawa

Setelah mengetahui tempat wisata yang pas, misal tempatnya adalah diluar negri, tentunya kamu harus mempersiapkan syarat syarat khusus, seperti pembuatan visa dan pembuatan paspor.

Cek Harga Tiket Transport dan Penginapan

Sekarang jaman udah mudah sekali, jadi kamu gak perlu susah susah atau bingung mencari informasi harga transport ke destinasi tujuan kamu. Kamu tinggal buka aplikasi tiket seperti traveloka, misteraladin, tiket.com dan masih banyak lagi. Dari sini, sudah dapat mengira-ngira berapa biaya yang harus dikeluarkan selama berangkat dan pergi.

Tips Traveling

Buat Skedul Perjalanan

Taukah kamu, bahwa dengan membuat skedul, liburanmu akan lebih mudah dan lebih teratur, apalagi kalau travelingmu dilakukan sendirian. Perlu sekali untuk membuat rute perjalanan yang akan dilakukan selama ditanah orang.

Catat Nomor Penting Daerah Tujuan

Cari nomor telepon penting yang dapat dihubungi sewaktu waktu dikota tujuan, atau destinasi tujuan. Misalnya nomor polisi, kesehatan, dan lain lain di destinasi tujuan. Kamu bisa mendaptakan informasi kontak tersebut dari google. Dan pastikan bahwa sebelum berangkat, nomor telpon harus bisa dihubungi.

Cari Tahu Informasi Dasar Tentang Daerah Tujuan

Selayaknya orang asing, sebaiknya mempelajari bahasa, kebudayaan dan cara mereka menyambut orang baru. Hal ini akan mempermudah kamu untuk bergaul dengan masyarakat sekitar, yaaa setidaknya kamu bisa memulai perbincangan dengan masyarakat setempat, tentang sejarah atau apapun itu yang berkaitan dengan lokasi wisata yang kamu pilih.

Siapkan Barang Bawaan yang Diperlukan

Bawa barang bawaan seperlunya saja, karena kamu tujuannya bukan berlibur bukan pindah rumah. Pastikan barang bawaan kamu sesuai dengan apa yang kamu butuhkan di lokasi liburanmu ya.

Jangan Lupa Bawa Alat Komunikasi

Alat komunikasi menjadi sangat penting jika kami tidak berada dirumah. Pastikan kamu tidak melupakan, atau meningggalkan alat komunikasi misal HP, karena kamu akan sangat membutuhkan jika terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan.

Siapkan Alat Pembayaran

Sebelum kamu pergi, kamu pastikan alat pembayaran sudah disiapkan, walaupun kamu sudah memiliki kartu kredit sekalipun. Jika ini adalah awal perjalananmu bisa saja kamu pertama mengijakkan kaki untuk makan adalah ditempat dimana tidak bisa menggunakan sistem pembayaran debit.

Usahakan Sampai Daerah Tujuan Pagi / Siang

Untuk menghindari kebingungan, usahakan kamu bisa datang di lokasi wisata pagi, atau siang hari. Karena pada jam tersebut masih banyak jasa, atau orang yang akan membantu kamu. Berbeda jika kamu sampai di destinasi wisata pada jam 2 pagi, maka mau tidak mau, kamu harus menunggu dibandara sampai pagi, jika pada jam itu kamu tidak menemukan alat transportasi.

Hiduplah Dimana Kamu Memijakkan Kaki

Saat kamu sudah berada diluar lingkunganmu, tips untuk dapat hidup nyaman adalah hiduplah kami sesuai dengan adat dan budaya ditempat tinggalmu tanpa melupakan siapa dirimu yang sebenarnya.

Kurangi Penggunaan Gedget

Waktu liburanmu pasti sangat berharga, pastikan setiap detiknya kamu manfaatkan untuk mengexplore wisata atau tempat menarik, nikmati bersama orang orang yang ada disekeliling kamu.

Kunjungi Tempat Wisata Sesuai Skedul

Nah di awal sudah menyinggung, sebelum pergi traveling ke suatu tempat, sebisa mungkin membuat skedul, tempa wisata mana saja yang akan dikunjungi.

Kunjungi Wisata yang Harus Kamu Ketahui

Jika destinasi dalam skedul sudah terjelajah semua dann waktu liburanmu masih ada, coba kamu tanya pada penduduk setempat apakah ada wisata yang lagi hits, mungkin bisa wisata alamwisata kulinerwisata kotawisata edukasi dan lainnya.

Ketika Hendak Pulang Pastikan Barang Bawaan Tidak Tertinggal

Tips yang terakhir yaitu, pastikan barang bawaan tidak ada yang tertinggal ketika ingin kembali kerumah. Banyak para traveler pemula yang melalaikan hal ini, karena ketika jadwal pulang, badan sudah terasa lelah dan ingin segera sampai kerumah.

Nah bagaimana? apakah kamu sudah siap untuk traveling? Jika kamu mengikuti tips traveling diatas, kamu tidak akan merasa terbenani dalam perjalanan liburanmu, terlagi jika kamu traveling sendirian. Demikian saja artikel ini  buat semoga bermanfaat.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn