10 Lokasi Snorkeling Terbaik di Bali

Youstay – Snorkeling Terbaik di Bali | Wisata di Bali | Wisata bawah laut di Bali

Hai Youstay Reader pesona keindahan dunia bawah laut Bali yang eksotis memang sudah terkenal hingga ke mancanegara

Di Bali, kita pun bisa menemukan spot snorkeling maupun diving yang menawarkan kekayaan biota bawah lautnya.

Kamu tidak perlu sertifikat menyelam untuk bisa snorkeling. Karena aktivitas air ini ditujukan untuk pemula maupun wisatawan umum.

Buat kamu yang ingin ke Bali untuk snorkeling, musim kemarau adalah waktu yang pas untuk benar-benar menikmati pemandangannya. Karena saat musim kemarau, biasanya air laut akan lebih jernih.

Musim kemarau di Bali sebenarnya sama saja dengan kebanyakan wilayah di Indonesia, yakni mulai April sampai Oktober.

Walaupun di luar rentang waktu itu kamu tetap bisa snorkeling kok. Hanya saja, jangan lupa cek ramalan cuaca pada hari itu. 

Di bawah ini ada 10 lokasi snorkeling terbaik di Bali yang memiliki keindahan alam bawah laut paling mempesona dan eksotis. 

Lokasi Snorkeling Bali Tercantik

wisata bali | snorkeling bali

1. Nusa Penida

Inilah spot kece snorkeling Bali timur. Untuk ke tempat ini, kamu bisa berangkat dari Sanur dan menempuh perjalanan 45 menit menggunakan boat.

Ada dua spot terkenal yang paling sering menjadi pusat perhatian turis, Manta Point dan Crystal Bay, keduanya terletak di bagian selatan Nusa Penida. Disebut Manta Point karena itulah lokasi dimana Manta Ray banyak ditemukan.

Di lokasi snorkeling Bali ini kamu bisa berenang bersama ikan pari Manta yang biasanya berenang dalam kelompok. Menuju Crystal Bay, kamu akan menemui satu lagi ikan unik bernama ikan mola mola.

Kalau beruntung, kamu juga bisa ketemu ikan nemo, marlyn, dory dan kawan-kawannya di Crystal Bay ini. Untuk keindahan terumbu karangnya, sudah tidak usah diragukan lagi keelokannya. 

wisata bali | Blue lagoon

2. Blue Lagoon

Blue Lagoon masih merupakan lokasi snorkeling Bali timur. Letaknya di Kabupaten Karangasem, Bali. Di tempat ini terdapat pantai bernama Blue Lagoon yang menjadi surganya para pecinta wisata air.

Saat cuaca sedang dalam kondisi seperti biasa, air laut di sini sangat tenang sehingga cocok untuk snorkeling bersama keluarga.

Pantai Blue Lagoon memiliki tekstur pasir yang besar dan kasar, berbeda dengan pantai tetangganya Padang Bai dan Bias Tugel.

Biota bawah laut yang bisa kamu temukan di pantai ini antara lain ikan sapi-sapi, morish idol, murray, kura-kura dan bahkan hiu karang atau reef shark.  

3. Jemeluk Bay, Amed

Satu lagi bukti kalau Kabupaten Karangasem adalah benar-benar surganya pecinta wisata air. Uniknya, di tempat ini kamu tidak perlu menyewa kapal ke tengah laut untuk menikmati keelokan pemandangan bawah laut.

Karena air yang begitu jernih, kamu sudah bisa melihat terumbu karang dan hewan laut lainnya dari pinggir pantai.

Keindahan alam laut Jemeluk Bay ini terletak di sebelah pinggir pantai, jadi kamu bisa snorkeling di sekitaran pinggir pantai.

Di sini ada pura yang sengaja ditenggelamkan oleh PT Pos Indonesia dan dinamakan “Submarine Mailbox”. 

Wiasata Bali Amed Bali Snorkeling: Japanese Shipwreck & Vienna Beach – Full Day | Headout

4. Vienna Beach, Amed

Vienna Beach merupakan spot snorkeling Bali yang masih terletak di Pantai Amed. Lokasinya juga sangat berdekatan dengan teluk Jemeluk.

Pantai di Vienna Beach ini juga berbeda dengan yang lain, tidak ada pasir putih di sini. Yang ada adalah bebatuan hitam yang berasal dari letusan Gunung Agung.

Pujian atas terumbu karang warna-warni yang menghiasi Vienna Beach ini sering dituai oleh snorkeler yang sudah pernah ke sini. Struktur terumbu karang di Vienna Beach ini cenderung lunak.

Scuba Diving Lipah Bay Amed Bali Indonesia

5. Lipah Bay

Masih berdekatan dengan Pantai Amed, Lipah Bay memiliki destinasi wisata yang sudah sangat terkenal yaitu bangkai kapal Jepang yang karam.

Japanese Ship Wreck ini sekarang menjadi rumah bagi terumbu karang dan penghuni laut lainnya. Namun, Japanese Ship Wreck cenderung hanya bisa dinikmati snorkeler yang berpengalaman.

Walaupun sebenarnya posisi kapal karam ini berada 10 meter dari bibir pantai dengan kedalaman 5 meter dari permukaan.

Perairan di Lipah Bay ini memang cukup dangkal dibanding yang lain dan banyak karang tajam. Hati-hati ketika snorkeling di sini, jangan sampai melukai diri kamu sendiri. 

Manta Ray Snorkeling Day Trip from Nusa Lembongan to Nusa Penida” |  Lembonganwatersport.com

6. Nusa Lembongan

Nah, kalau kamu berkunjung tempat snorkeling di Bali yang satu ini, pasti akan terlihat sebagian besar pengunjungnya adalah wisatawan mancanegara.

Alasannya karena spot snorkeling di Nusa Lembongan ini memang tempat bagi snorkeler profesional yang sudah memiliki sertifikat resmi.

Tapi jangan khawatir, snorkeler pemula pun tetap bisa menikmati indahnya Nusa Lembongan. Ada 3 spot yang paling ramai dikunjungi wisatawan, yaitu Lembongan Bay, Mangroves dan Blue Corner. Selain snorkeling, kamu juga bisa diving, sea walker atau jumping cliff di Nusa Lembongan. 

Pantai Tulamben Bali Parahita Tour

7. Tulamben

Kalau Lipah Bay punya Japanese Ship Wreck, di Tulamben kamu akan snorkeling ditemani pemandangan bangkai kapal Amerika USAT Liberty yang karam pada tahun 1942.

Selain melihat bangkai kapal, kamu juga akan terhipnotis oleh cantiknya spesies ikan dan terumbu karang yang disuguhkan pantai Tulamben ini.

Sebelumnya, Tulamben hanya merupakan spot snorkeling wisatawan dalam negeri. Tapi sejak ada seorang fotografer asal Amerika yang mengabadikan pengalamannya yang dimanjakan keindahan Tulamben, banyak turis asing yang ikut menikmati pengalaman snorkeling di Tulamben.

Hewan unik yang bisa kamu temui adalah ribbon eel, mimic octopus, boxer crabs, ghost pipefish, seahorse, leaffish, garden eel, lion fish dan harlequin shrimp

BANYAK JALAN MENUJU PULAU MENJANGAN

8. Pulau Menjangan

Pulau Menjangan berada di Taman Nasional Bali Barat, cagar alam yang dilindungi pemerintah.

Karena termasuk wilayah yang dilindungi, terumbu karang dan spesies ikan yang tinggal di Pulau Menjangan sangat cantik dan mempesona.

Lokasi snorkeling ini cocok untuk melepas kepenatan dan istirahat dari kesibukan sehari-hari. Pulau Menjangan mempunyai arus air yang tenang sepanjang tahun sehingga cocok untuk snorkeler pemula. 

Snorkelling at Pemuteran - Total Bali Activities

9. Pemuteran

Lokasi seru snorkeling Bali selanjutnya adalah Pemuteran. Pemuteran awalnya adalah proyek konservasi terumbu karang yang dikelola warga desa Pemuteran, Gerogak, Kabupaten Buleleng, Bali utara.

Keindahan kehidupan bawah laut di spot snorkeling Bali satu ini tidak kalah menakjubkan dengan tempat snorkeling lainnya.

Tak heran jika banyak turis yang menyasar Pemuteran sebagai tempat untuk melepaskan stres. Lokasi wisata bahari yang satu ini menawarkan pemandangan yang agak berbeda dari yang lain.

Sebab, lokasi snorkeling Bali yang satu ini dikelilingi perbukitan hijau, terutama saat musim hujan. 

Jual Watersport Tanjung Benoa Bali Murah - Kab. Badung - Wisata Bahari Bali  | Tokopedia

10. Tanjung Benoa

Tanjung Benoa merupakan salah satu tujuan snorkeling di Bali selatan. Tanjung Benoa memiliki ombak yang tenang dan arus yang tidak kuat sehingga cocok untuk pemula tapi sekaligus bukan jadi tujuan snorkeler profesional.

Walaupun begitu, Tanjung Benoa tidak pernah sepi pengunjung. Buat kamu yang tidak bisa berenang, kamu tetap bisa ikut melihat cantiknya pemandangan bawah laut di Tanjung Benoa dengan wisata air lain bernama seawalker.

Kamu hanya perlu menggunakan helm kaca lalu akan dituntun dengan penyelam profesional ke kedalaman 7 meter.

Jaraknya yang cukup dekat dengan Bandara Ngurah Rai juga menjadi alasan banyak wisatawan mengunjungi tempat snorkeling ini. 

Sebagian besar pantai yang cocok untuk dijadikan tempat snorkeling berada di sisi timur dan barat pulau Bali.

Di sisi timur Bali, ada pantai Blue Lagoon, pantai Amed, juga pantai Tulamben. Sedangkan di sisi barat Bali, kamu bisa berkunjung ke pulau Menjangan. Jadi kamu bisa cocokan dengan di mana tempatmu menginap.

Tapi, perjalanan yang panjang pun akan terbayar dengan keindahan alam laut Bali yang tidak bisa ditemui di tempat lain.

Jadi, untuk kamu yang ingin mengunjungi lebih dari satu lokasi dari 10 lokasi snorkeling terbaik di Bali tersebut, yuk langsung untuk sejenak melepas penat dan menikmati pemandangan yang tidak bisa dinikmati setiap hari. 

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *