11 Manfaat Gandum Untuk Tubuh: Biji-bijian Sehat, Tangkal Obesitas

Manfaat Gandum untuk Tubuh

Youstay

Halo Youstay Reader apakah kamu suka  mengonsumsi nasi sebagai makanan pokok ?. Namun, gandum juga bisa menjadi andalan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dalam tubuh. Lantas, apa itu gandum?

Gandum adalah biji-bijian serealia yang berasal dari jenis rumput Triticum. Umumnya, gandum diolah menjadi tepung, roti, pasta, mi, dan olahan lainnya.

Berasal dari Asia Barat Daya, gandum sendiri sulit ditemukan di Indonesia. Sebab, gandum merupakan tanaman subtropis yang tidak cocok ditanam di daerah tropis. Oleh karena itu, biasanya, gandum diimpor untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di Tanah Air.

Sebelum membahas lebih mendalam mengenai gandum, simak terlebih dahulu fakta menarik gandum di bawah ini:

  • Gandum pertama kali ditanam pada ratusan tahun lalu, tepatnya sejak 1777. Dan, menjadi tanaman yang paling banyak dipanen di dunia.
  • Memiliki protein yang lebih tinggi dibandingkan beras. 
  • Jenisnya sangat beragam, yang biasa dikonsumsi adalah jenishard red winter, hard red spring, soft red spring, soft white, hard white, dan 
  • Ada 10 negara penghasil gandum terbanyak, yaitu: China, India, Rusia, Amerika Serikat, Perancis, Australia, Kanada, Pakistan, Ukraina, dan Jerman.

Kandungan Gandum

Sebelum mengonsumsi gandum, ada baiknya mengetahui terlebih dahulu kandungan di dalamnya. Nah, apa sajakah kandungan gandum dalam setiap sajian? Simak di bawah ini:

  • Air: 47,75 gram (g)
  • Protein: 7,49 g
  • Karbohidrat: 42,53 g
  • Kalsium: 28 miligram (mg)
  • Magnesium: 82 mg
  • Fosfor: 200 mg
  • Kalium: 169 mg
  • Sodium: 16 mg
  • Seng: 1,65 mg
  • Tembaga: 0,26 mg
  • Mangan: 1,86 mg

Selain itu, gandum juga mengandung vitamin, seperti vitamin C (2,6 mg) dan vitamin B6 (0,27 mg). Ada pula kandungan thiamin (0,23 mg), riboflavin (0,16 mg), serta niacin (3,09 mg).

Manfaat Gandum untuk Kesehatan

Di balik kandungannya, terdapat segudang manfaat yang bisa kamu dapatkan ketika mengonsumsi gandum. Mulai dari atasi kolesterol hingga kematian dini.

Untuk lebih rincinya, berikut adalah manfaat tanaman gandum yang wajib Kamu ketahui:

Manfaat Gandum untuk Tubuh

1. Mengontrol Obesitas

Dilansir dari data Kemenkes, dikatakan bahwa 1 dari 3 orang dewasa dan 1 dari 5 anak berusia 5-12 tahun di Indonesia mengalami obesitas.

Obesitas atau kelebihan berat badan sudah menjadi penyakit yang umum terjadi. Penyakit satu ini dapat meningkatkan trigliserida dan kolesterol jahat atau Low Density Lipoprotein (LDL).

Gandum utuh dipercaya memiliki kemampuan untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dan kadar trigliserida pada tubuh secara alami. Kandungan seratnya yang tinggi pun diyakini dapat mengenyangkan kamu dalam jangka waktu lama.

Nah, oleh karena itu, jika Kamu penderita obesitas, kamu bisa menjadikan gandum sebagai menu diet agar bisa mengontrol berat badan.

2. Meningkatkan Energi

Perlu Kamu ketahui bahwa gandum mengandung vitamin B, yang dimana dipercaya mampu memberikan energi yang cukup bagi tubuh.

Tidak hanya itu, gandum utuh juga mengandung karbohidrat kompleks sehingga dapat membuatmu merasa kenyang lebih lama.

3. Mengurangi Kadar Gula Darah

Diperkaya dengan magnesium, gandum utuh juga dipercaya dapat membantu mengontrol insulin dan sekresi glukosa oleh tubuh.

Oleh karena itu, gandum dapat menjadi pilihan makanan yang tepat untuk mengurangi kadar gula darah, terutama bagi kamu yang menderita diabetes tipe 2.

4. Meringankan Gejala Pasca Menopause

Pasca menopause adalah siklus dimana wanita mengalami berbagai gejala akibat perubahan hormon setelah menopause. Gejala-gejala ini ditandai dengan insomnia, hot flashes, berat badan naik, dan mood yang mudah berubah.

Nah, asupan produk gandum mentah dapat membantu meningkatkan kandungan serat dan protein serta meringankan berbagai gejala pada wanita yang sedang mengalami fase pasca menopause.

5. Mendetoks Hati

Hati adalah salah satu organ internal terbesar dalam tubuh yang berfungsi untuk mengeluarkan racun dalam darah secara teratur. Maka dari itu, penting untuk Kamu menjaga kesehatan hati dengan baik.

Salah satu makanan yang bisa Kamu konsumsi untuk detoksifikasi hati adalah wheat berry. Sebab, gandum ini merupakan sumber antioksidan dan serat yang sangat baik.

manfaat gandum untuk tubuh

6. Mencegah Serangan Jantung

Gandum utuh kaya akan senyawa lignan yang membentuk enterolakton. Inilah yang dapat melindungi kamu dari penyakit jantung.

Selain itu, gandum juga mengandung serat tinggi yang berguna untuk mengurangi tekanan darah sehingga dapat mencegah kamu dari serangan jantung.

Kemampuan gandum dalam menurunkan trigliserida atau lemak dalam darah juga dapat memperlambat perkembangan aterosklerosis dan stroke.

7. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Mengonsumsi gandum ketika diet, dapat mencegah kamu dari berbagai masalah pencernaan. Mulai dari perut kembung, mual, sembelit, dan sebagainya. Mengapa demikian?

Sebab, terdapat kandungan serat tinggi dalam gandum yang baik untuk kesehatan pencernaan. Oleh karena itu, tidak jarang apabila gandum dikonsumsi oleh mereka yang sedang menjalani program diet.

8. Merawat Kesehatan Rambut

Perlu Kamu catat bahwa kandungan seng berperan penting dalam memperkuat, menumbuhkan, dan memperbaiki jaringan rambut. Gandum adalah salah satu makanan yang mengandung kandungan seng ini.

Inilah sebabnya gandum dipercaya mampu meningkatkan kesehatan rambut dan melindungi rambut dari segala kerusakan akibat faktor lingkungan.

9. Meningkatkan Kesehatan Kulit

Siapa sih yang tidak mau kulit sehat dan mulus? Nah, Kamu bisa mencoba mengonsumsi gandum untuk meningkatkan kesehatan kulitmu.

Hal ini dikarenakan terdapat kandungan selenium, vitamin E, dan seng dalam gandum yang dapat membantu melawan jerawat, menyehatkan kulit, dan mencegah kerusakan kulit akibat sinar matahari.

Tak hanya itu, tingginya kandungan serat pun dapat membantu menjaga sistem pencernaan tetap optimal, sehingga membantu membuang racun secara teratur. Pada gilirannya, inilah yang membantu menjaga kulit tetap halus dan awet muda.

10. Meningkatkan Kesehatan Mata

Memiliki mata sehat tentu menjadi impian bagi semua orang, terutama bagi mereka yang sudah beranjak usia. Semakin bertambah umur, penglihatan pun cenderung semakin memburuk.

Gandum utuh mengandung vitamin E, niacin, dan seng yang diyakini mampu menurunkan risiko gangguan penglihatan pada orang tua atau biasa yang disebut dengan degenerasi makula dan katarak.

Kandungan lutein-nya pun dapat membantu meningkatkan kesehatan mata, lho.

11. Menurunkan Risiko Kanker

Manfaat gandum yang terakhir adalah menurunkan risiko kanker. Pasalnya, karsinogen adalah zat yang menyebabkan penyakit kanker.

Gandum sendiri adalah makanan yang dapat bertindak sebagai anti karsinogen sehingga ini bisa mencegah kamu dari kanker.

Terlebih lagi bagi wanita, ini sangat baik untuk dikonsumsi. Sebab, ada penelitian yang mengatakan bahwa mengonsumsi sekitar 30 gram gandum per hari sudah cukup bagi wanita untuk mengurangi risiko kanker payudara.

Tidak hanya itu, gandum juga diyakini mampu menurunkan kanker lainnya, termasuk salah satunya kanker usus besar.

Efek Samping Gandum

Kendati memiliki segudang manfaat, gandum juga memiliki efek samping yang perlu Kamu perhatikan saat mengonsumsinya.

Oleh karena itu, sebelum mengonsumsi, simak efek samping gandum terlebih dahulu:

  • Bagi kamu yang intoleransi gluten, mengonsumsi gandum dapat menyebabkan alergi.
  • Kandungan gluten yang tinggi dalam gandum dapat memperburuk kondisi penderita penyakit celiac.
  • Asam fitat dalam gandum dapat mengganggu penyerapan nutrisi yang dibutuhkan tubuh, seperti zinc, zat besi, mineral, kalsium, dan magnesium.

Nah, demikianlah manfaat gandum dan efek samping mengonsumsi gandum. Mengonsumsi gandum memang sehat untuk tubuh, tapi kamu juga perlu mempertimbangkan efek sampingnya, ya Youstay Reader.

Facebook
Twitter
LinkedIn

Leave a comment

Your email address will not be published.