6 Tips Traveling Aman dan Nyaman Saat Meninggalkan Rumah

Tips rumah aman

Youstay – Tips rumah aman

Hai Youstay Reader bagi banyak orang, akhir dan awal tahun seringkali menjadi waktu favorit untuk berlibur. Ditambah dengan adanya tanggal merah di akhir dan awal tahun membuat Anda sering memanfaat waktu tersebut untuk bepergian dalam waktu yang lama. Selain itu, berbagai kawasan wisata juga menghadirkan acara-acara tahunan nan semarak yang sayang untuk Anda lewati.

 

Namun, yang perlu Anda perhatikan ketika berlibur dalam waktu yang lama adalah waspada saat meninggal rumah yang kosong. Pasti sering sekali Anda merasa was-was akan hal itu, perasaan ini bukan tanpa alasan tentunya. Berbagai resiko dapat mengintai rumah yang sedang ditinggalkan, rumah kemalingan misalnya. Oleh karena itu, berikut merupakan tips traveling aman yang bisa Anda gunakan agar dapat meninggalkan rumah dengan tenang sebelum berlibur:

 

  1. Batasi Sharing Detail Liburan di Media Sosial

 

Salah satu cara liburan dan cara mudik aman adalah dengan membatasi sharing di media sosial. Dorongan untuk membagikan momen saat liburan di akun-akun media sosial yang Anda miliki seringkali menjadi hal yang tidak tertahankan. Terlebih ketika Anda berhasil menangkap momen terbaik saat liburan dengan lensa kamera. Sebenarnya hal itu sah-sah, namun Anda juga perlu mewaspadai bahwa hal ini dapat berpeluang timbulnya resiko.

 

Ada resiko berbahaya apabila Anda terlalu banyak dan terlalu detail membeberkan rencana liburan Anda. Orang yang tidak bertanggung jawab bisa menyalahgunakan informasi ini. Perampok dapat mengetahui kosongnya rumah Anda lewat postingan liburan yang menandakan bahwa Anda masih berada jauh dari rumah. Apalagi jika Anda secara tak sengaja menceritakan tentang kosongnya rumah atau tidak adanya penjaga.

 

  1. Putuskan Aliran Listrik, Gas dan Air

 

Konslet pada aliran listrik tak jarang menjadi pemicu terjadinya kebakaran di rumah-rumah. Oleh karena itu, sebelum meninggalkan rumah pastikan bahwa seluruh perangkat elektronik telah dimatikan. Anda juga harus memastikan kabel-kabel telah tercabut dari stop kontak. Sebagai tambahan, Anda juga dapat mencabut selang regulator gas selama liburan untuk mencegah kebocoran gas di rumah yang Anda tinggali.

Selain listrik dan gas, Anda juga harus memastikan bahwa keran air telah ditutup sehingga tidak menimbulkan luber. Hal ini juga dapat menjadi tips kebakaran rumah yang Anda dapat hindari.

 

  1. Bersihkan Rumah Sebelum Berangkat

Persiapan berangkat liburan tak jarang pula membuat keadaan rumah jadi lebih berantakan daripada biasanya. Oleh karena itu, luangkan waktu sejenak untuk merapikan terlebih dahulu rumah sebelum ditinggalkan. Untuk membersihkannya, Anda dapat menggunakan tips bersih rumah yang Anda temukan di internet maupun cara bersih rumah yang biasanya Anda lakukan. Dengan keadaan rumah yang lebih rapi dan bersih, Anda bisa memastikan apabila ada sesuatu yang mencurigakan ketika Anda pergi, seperti berpindahnya barang, kehilangan barang dan lain-lain.

 

Selain itu, Anda juga dapat memastikan bahwa barang maupun dokumen-dokumen berharga telah disimpan di tempat yang aman. Ketika menyimpan, Anda dapat mengumpulkannya di satu tempat sehingga lebih mudah. Alternatif lain, Anda juga bisa menitipkan dokumen atau barang berharga Anda di rumah orang yang dipercayai, seperti orang tua, adik, atau kakak misalnya. Anda juga bisa menitipkan barang berharga Anda di Bank maupun Pegadaian. Selain itu, tambahan tips rumah nyaman saat liburan lainnya adalah jangan lupa untuk membuang sampah untuk menghindari rumah dari bau busuk ketika Anda pulang.

 

  1. Pastikan Jedela dan Pintu Telah Terkunci

Sebelum berangkat, pastikan seluruh jendela dan pintu dalam keadaan terkunci. Jangan malas untuk memastikan kunci tersebut telah berfungsi dengan baik lebih dari sekali. Tidak hanya pintu jendela maupun rumah, Anda juga bisa mengunci lemari maupun laci dengan kunci ganda yang sulit dibuka oleh orang asing. Apabila kamu mengetahui ada kunci yang tidak berfungsi dengan baik, segeralah membeli kunci ataupun gembok baru untuk menggantinya. Namun, hindari penggunaan gembok yang mencolok untuk pintu yang menghadap keluar. Gembok yang mencolok akan menarik perhatian karena menandakan bahwa penghuninya sedang tidak ada di tempat.

 

Setelah mengunci pintu dan jendela, bawa kunci tersebut pergi bersama Anda. Hindari kebiasaan meninggalkan kunci di keset, pot, sepatu maupun ornamen-ornamen lain di depan pintu rumah Anda. Tutup semua lubang maupun celah yang memungkinkan seseorang bisa masuk ke rumah, seperti plafon yang bolong. Selain menghindari masuknya maling, hal ini juga mengantisipasi masuknya kucing, ular, tikus maupun binatang lain yang bisa mengacak-acak rumah Anda.

 

  1. Beritahu Tetangga Terdekat Anda

Ketika Anda liburan, ada baiknya jika Anda memberitahu tetangga terdekat yang Anda percayai mengenai rencana liburan. Jika berkenan, Anda juga bisa meminta mereka untuk mengecek rumah Anda secara berkala. Jangan lupa juga untuk meninggalkan nomor ponsel yang bisa dihubungi jika terjadi sesuatu di rumah Anda.

 

  1. Lindungi Rumah Dengan Asuransi

Meskipun belum banyak orang Indonesia yang sadar akan kebutuhan asuransi rumah, hal ini menjadi sesuatu yang sangat penting ketika Anda pergi meninggalkan rumah saat liburan. Dengan memiliki asuransi rumah, Anda akan mendapatkan perlindungan ketika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan di rumah Anda seperti kebakaran maupun kemalingan.

 

Nah, itu tadi hal – hal yang perlu diperhatikan saat rumah di tinggal agar tetap aman semoga informai ini membantu ya!.

 

Facebook
Twitter
LinkedIn

Leave a comment

Your email address will not be published.