Makanan Khas Daerah di Indonesia Paling Favorit dan Terkenal Ada Di Semarang Juga lho.

Makanan khas daerah di Indonesia

Youstay Semarang 

 

Hai Youstay Reader, Indonesia merupakan surga kuliner. Dari sabang sampai Papua, terdapat makanan khas daerah yang lezat dan wajib dicoba. Berikut ini 20 di antaranya.

Makanan khas daerah di Indonesia memiliki citra rasa yang unik. Beberapa di antaranya bahkan terkenal sampai mancanegara karena kelezatannya.

Ada yang pernah terpikirkan, berapa banyak jenis makanan khas daerah di Indonesia? Jawaban tentu banyak sekali ya.

Selain memiliki banyak variasi makanan ini juga memiliki  rasa yang sedap dan tentunya memiliki keunikannya masing-masing.

Buat kamu pecinta kuliner simak 20 daftar makanan nusantara yang rasanya lezat menggoda lidah.

Makanan Khas Daerah di Indonesia

Makanan khas daerah di Indonesia

  1. Nasi Ayam Semarang

Kuliner nasi ayam ini cukup mudah ditemukan di Semarang pada malam hari.
Lengkap dengan potongan telur rebus berbumbu, tahu opor, sayur labu manis dengan krecek, dan suwiran ayam, lalu diguyur kuah opor kuning. Untuk yang mau menambahkan lauk, Anda bisa memilih aneka bagian ayam seperti sate telur, sate usus, opor daging paha, dada, kepala, dan sayap ayam.

Makanan khas daerah di Indonesia

  1. Bebek Goreng Sinjay Madura

Jika mendengar kata Madura pasti langsung terngiang-ngiang rasa gurih dan empuknya daging bebek goreng Sinjay. Meskipun tampilanya sederhana tapi bisa membuat kamu ketagihan dengan rasanya, lho! 

✓ 19 Bahan Buat Gudeg Jogja Ala Pawon Cesansan yang Enak - cookandrecipe.com

  1. Gudeg Yogyakarta

Kalau makanan yang satu ini pasti Youstay Reader sudah tahukan. Gudeg merupakan makanan daerah khas Yogyakarta yang bahan utamanya dibuat dari buah nangka. Makan gudeg ditambah sambal dijamin semakin sedap rasanya.

Selain Resep Soto Ayam Bening, Soto Ayam Ambengan Asli Surabaya Ini Enggak  Kalah Nikmat - Semua Halaman - Sajian Sedap

  1. Soto Ayam Ambengan Surabaya

Ciri khas yang membedakan soto ayam surabaya dengan yang lainnya adalah kuahnya berwarna kuning pekat karena menggunakan kunir. Soto ayam ini biasanya berisi daging, jeroan, kulit, brutu, telur, bihun dan dicampur dengan nasi.

Warung Nasi Lawar Bali Mang Ayu - denpasarkota.go.id

  1. Nasi Lawar Bali

Nasi lawar atau juga dikenal dengan nasi Campur Bali merupakan masakan kombinasi antara sayuran dengan irisan daging. Biasanya makanan ini disajikan dengan cara dibumbui dan dicampur jadi satu.

  1. Daging Asap NTT

Daging asap atau daging Sei merupakan makanan khas Provinsi NTT tepatnya di Kabupaten Rote Ndao.

Makanan ini berupa irisan daging tipis-tipis kemudian diasapi dengan bara api pohon kesambi sampai matang. Biasanya setelah diasap daging bisa langsung dimakan atau diolah lagi menjadi masakan lain.

Resep Ayam Taliwang Khas Lombok Buat Buka Bersama, Super Gampang!

  1. Ayam Taliwang Lombok

Makanan ini dibuat dari daging ayam kampung muda yang dibakar kemudian dibumbui dengan sambal terasi atau bawang. Ayam taliwang paling sedap disantap dengan plecing kangkung.

Resep Sate Bandeng Khas Banten, Kreasi Bandeng Tanpa Tulang Halaman all -  Kompas.com

  1. Sate Bandeng Banten

Makanan khas daerah yang satu ini sangat spesial. Jika biasanya kamu menemukan ikan bandeng sulit dimakan karena banyak tulang dan duri halus.

Sate Bandeng Banten justru punya tulang dan duri yang lunak sehingga mudah dimakan. Selain itu bumbu khas rempah Indonesia menambah cita rasa makanan.

Resep Rujak Cingur Special Asli Surabaya Jawa Timur

  1. Rujak Cingur Jawa Timur

Cingur dalam bahasa jawa artinya mulut. Makanan yang satu ini memang menggunakan irisan daging mulut atau moncong sapi yang direbus. Biasanya rujak cingur dimakan dengan campuran sayuran, lontong kemudian disiram dengan saus petis.

Terkenal Enak, 5 Kedai Surabi di Bandung Ini Tidak Boleh Kamu Lewatkan -  Tribun Travel

  1. Surabi Bandung

Surabi atau serabi merupakan makanan tradisional khas jawa barat yang terbuat dari adonan tepung beras dan terigu kemudian dimasak atau dibakar menggunakan tembikar tanah liat. Surabi paling enak dimakan dengan saus manis gula jawa dan wedang hangat.

Memburu Soto Banjar di Surabaya - Surabaya Liputan6.com

  1. Soto Banjar Kalimantan Selatan

Berbeda dengan makanan soto di daerah lain, Soto Banjar menggunakan rempah-rempahan seperi kayu manis, biji pala, dan cengkih ditambah sedikit susu sehingga makanan ini kaya cita rasa khas indonesia yang tentunya bikin kamu kangen terus dengan masakan yang satu ini.

5 Resep Masakan Khas Kalimantan yang Bikin Tertarik untuk Mencoba

  1. Kepiting Soka Kalimantan Utara

Kepiting Soka atau kepiting cangkang lunak merupakan makanan khas daerah lainnya yang tidak kalah enak. Selain memiliki cangkang lunak dagingnya sangat lembut dimasak dengan saus asam manis tentunya bisa bikin kamu bersemangat lagi setelah makan.

Ayam Cincane - Tribunnewswiki.com Mobile

  1. Ayam Cincane Kalimantan Timur

Ayam daging kampung dimasak dengan bumbu kemerahan yang satu ini sering dijumpai pada saat perayaan atau acara besar. Ayam Cincane terkenal kelezatanya karena memiliki tekstur kulit yang lembut dilumuri saus pedas manis yang meresap sampai kedalam dagingnya.

Juhu Singkah, Kalimantan Tengah – KASUKAKU

  1. Juhu Singkah Kalimantan Tengah 

Kamu orang Palangkaraya? Pasti tau dong makanan yang satu ini. Juhu Singkah atau dikenal juga dengan sebutan umbut rotan merupakan rotan muda yang dimasak bersama ikan baung dan terong asam atau dimasak dengan kuah santan yang bikin tambah gurih.

6 Tips dan Cara Memasak Sup Konro Khas Sulawesi Selatan yang Enak

  1. Sup Konro Sulawesi Selatan 

Kamu tidak akan bisa menolak pesona makanan yang satu ini. Sup konro iga sapi lembut yang meleleh di mulut dan kuahnya yang pedas gurih akan menambah selera makan.

Cara Membuat Sop Ikan Jantung Pisang

  1. Sup Ikan Jantung Pisang Sulawesi Tengah

Sup ikan jantung pisang khas Sulawesi Tengah selain enak juga sehat. Makanan ini perpaduan antara ikan yang direbus dalam kuah rempah (bawang merah, bawang putih, jahe, serai, dan kunyit). Makanan ini cocok banget untuk dijadikan lauk-pauk di rumah juga lho!

Ikan Asar Menjadi Kebanggaan Di Jayapura - Humas Pemerintah Kota Jayapura

  1. Ikan Asap Jayapura

Jika di NTT terkenal dengan daging asap, kota jayapura punya ikan asap jagoanya. Ikan segar ini dimasak dengan cara diasap selama berjam-jam pada api kecil.

Binte Biluhuta, Bubur Jagung Khas Gorontalo yang Bikin Nagih

  1. Binte Biluhuta Gorontalo

Binte Biluhuta atau Milu sirman merupakan sup jagung yang memiliki cita rasa manis, asin, dan pedas. Makanan ini dibuat dari bahan-bahan seperti jagung, ikan, dan udang.

Resep Bubur Tinutuan, Kuliner Khas Manado yang Sedap dan Kaya Gizi

  1. Bubur Tinutuan Sulawesi Utara

Bubur sehat dan nikmat yang satu ini cocok sekali dijadikan menu sarapan. Jika biasanya bubur disajikan dengan kecap manis dan suwir ayam, bubur Tinutuan terbuat campuran jagung, sayuran dan seafood.

Resep Mie Aceh Goreng yang Hangat Berempah

  1. Mie Aceh

Mie khas Aceh yang satu ini pasti sudah tidak asing lagi di lidah kalian. Memiliki ukuran mie yang besar dimasak dengan kuah rempah membuat Mie Aceh jadi makanan favorit masyarakat Indonesia.

Bagaimana Youstay Reader, makanan khas daerah mana yang ingin kamu jajal kelezatannya? 

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Leave a comment

Your email address will not be published.